DANIR DWI CAHYANI, 145040043 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode Pre-Experimental yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dan tidak mungkin ada kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ialah siswa kelas XI MIPA SMA Pasundan 7 Bandung tahun ajaran 2017/2018 pada semester genap dengan sampel sebanyak 1 kelas dan jumlah siswa sebanyak 31 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda (multiple choice) sebanyak 20 butir soal untuk memperoleh data utama pada ranah kognitif melalui pretest dan posttest, serta angket untuk memperoleh data penunjang berupa respo n siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sebesar 40,97 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,58. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dengan N-Gain 0,62 termasuk kategori sedang. Setelah diketahui hasil pretest dan posttest tiap siswa maka dilakukan uji hipotesis pada software SPSS 22 dengan menggunakan uji one sample t test dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0.05) menunjukkan nilai signifikan. Pembelajaran dengan metode ini mendapat respon positif siswa 70,16%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi sistem pertahanan tubuh dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Sistem Pertahanan Tubuh
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 07:10 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36087 |
Actions (login required)
View Item |