ENDANG DARMAWAN, 145030094 (2018) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DENGAN MEDIA VIDEO PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 2 KOTA CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
SAMPUL FIX.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I REVISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II REVISI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III REVISI.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
BAB IV REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V REVISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulit dan rumitnya dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Berdasarkan hal ini peneliti mengujicobakan strategi pembelajaran menulis double entry journal dengan media video sebagai alternatif strategi pembelajaran menulis khususnya pembelajaran menulis teks eksplanasi. Berkaitan dengan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strat egi double entry journal dengan media video dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan double entry journal dengan media video. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan double entry journal dengan media video dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Adapun hasil penelitiannya, hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian p erencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis 3,87. Hipotesis kedua diterima, dilihat perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi tersebut ditunjukkan dengan hasil uji statistik t hitung > ttabel, pada pretes dan postes kelas eksperimen diperoleh, yakni 66,25>25,51 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikasi antara nilai rata -rata pretes kelas eksperimen sebesar 65,59 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 77,87, yang berarti terjadi peningkatan nilai kemampuan menulis eksplanasi sebesar 12,28. Kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah mengalami peningkatan yang lebih kecil. Sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 65,40 dan nilai rata -rata postes kelas kontrol sebesar 70,31, yang berarti terjadi peningkatan nilai kemampuan menulis eksplanasi sebesar 4,91. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar atau lebih signifikan daripada kelas kontrol. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik t hitung 66,25 > table 25,51 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 31. Dengan demikian Strategi double entry journal dengan media video efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Kata Kunci : strategi double entry journal, media video, memproduksi teks eksplanasi .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 03:26 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35993 |
Actions (login required)
View Item |