PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN 184 Buahbatu Jln. H. Ibrahim Adjie No.65 kecamatan Buahbatu kota Bandung)

RINANTI SEPTIANI, 145060076 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN 184 Buahbatu Jln. H. Ibrahim Adjie No.65 kecamatan Buahbatu kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi NO SKRIPSI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa inggris.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak bahasa sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning subtema keragaman budaya bangsaku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 184 Buahbatu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN 184 Buahbatu yang rasa percaya dirinya masih rendah serta hasil belajar siswa rendah, hal tersebut dikarenakan siswa kurang dilibatkan pada saat proses pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksananakan dalam 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 tahap yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema keragaman budaya bangsaku. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan dalam menyusun perencanaan pembelajaran yaitu pada siklus I nilai rata-rata 2,66 , siklus II 3,26 dan siklus III 3,73. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai rata-rata 2,74, siklus II 3,24 dan siklus III 3,68. Sikap percaya diri pada siklus I mencapai persentase 56% , siklus II 74% dan siklus III 85%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 56% , siklus II 71% , siklus III 81%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, sikap percaya diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:14
Last Modified: 06 Sep 2018 07:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35980

Actions (login required)

View Item View Item