PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas VA SDN 026 Bojongloa Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

DINI ARIESTA, 145060096 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas VA SDN 026 Bojongloa Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SDN 026 Bojongloa Kota Bandung pada subtema Manusia dan Lingkungan. Masalah yang dihadapi guru saat ini adalah kebingungan dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat sehingga guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya peserta didik menjadi kurang aktif karena jarang dilibatkan dalam pembelajaran, selain itu rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain dari Kemmis Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik pretest, observasi, angket, posttest dan dokumentasi. Adapun hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 43,75%. Hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 63,62% dan hasil belajar peserta didik pada siklus III menjadi 90,32%. Melihat hasil yang dicapai dari penelitian ini, dapat membukikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model PBL sangat tepat. Hal tersebut tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Dengan demikian peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan model problem based learning sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2018 04:06
Last Modified: 05 Sep 2018 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35918

Actions (login required)

View Item View Item