PEMBELAJARAN MENGANALISIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI PENGEMBANGAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AFRILIANI INDAH PUTRI, 145030066 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI PENGEMBANGAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis karya ilmiah menggunakan keterampilan membaca. Karya ilmiah merupakan tulisan ilmiah yang memiliki aturan penulisan dan berisi permasalahan yang mengandung gagasan, pendapat, fakta, dan deskripsi suatu permasalahan. Metode Student Team Achievement Division (STAD) merupakan metode pembelajaran berkelompok dengan tujuan untuk mengaktifkan peserta didik khususnya dalam proses pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Dengan demikian, penulis merasa tertantang dan tertarik untuk melakukan penelitian melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah menggunakan metode metode Student Team Achievement Division (STAD) sebagai pengembangan karakter intergritas pada kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; Adakah perbedaan karakter integritas pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung dalam menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD)?; Efektifkah metode Student Team Achievement Division (STAD) digunakan dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung? Adapun hasil penelitian, yaitu Hasil penilaian karakter integritas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih unggul dengan nilai rata-rata 3,50, sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 3,15. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah pada kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata postes peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 79,39 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel, yaitu 20,49 > 17,45 dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) sebagai pengembangan karakter integritas pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung. Berbeda halnya dengan kelas kontrol yang diberikan metode Copertive Script mendapatkan nilai rata-rata postes 69,69 dengan hasil uji statistik sebesar thitung < ttabel, yaitu 9,99< 17,45. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, sistematika, kebahasaan, karya ilmiah, metode STAD, karakter, metode STAD

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:53
Last Modified: 28 Aug 2018 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35805

Actions (login required)

View Item View Item