AFRILIANI INDAH PUTRI, 145030066 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI PENGEMBANGAN SIKAP INTEGRITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menganalisis karya ilmiah menggunakan keterampilan membaca. Karya ilmiah merupakan tulisan ilmiah yang memiliki aturan penulisan dan berisi permasalahan yang mengandung gagasan, pendapat, fakta, dan deskripsi suatu permasalahan. Metode Student Team Achievement Division (STAD) merupakan metode pembelajaran berkelompok dengan tujuan untuk mengaktifkan peserta didik khususnya dalam proses pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Dengan demikian, penulis merasa tertantang dan tertarik untuk melakukan penelitian melakukan penelitian mengenai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah menggunakan metode metode Student Team Achievement Division (STAD) sebagai pengembangan karakter intergritas pada kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; Adakah perbedaan karakter integritas pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung dalam menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD)?; Efektifkah metode Student Team Achievement Division (STAD) digunakan dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung? Adapun hasil penelitian, yaitu Hasil penilaian karakter integritas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih unggul dengan nilai rata-rata 3,50, sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 3,15. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah pada kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata postes peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 79,39 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel, yaitu 20,49 > 17,45 dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah menggunakan metode Student Team Achievement Division (STAD) sebagai pengembangan karakter integritas pada peserta didik kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung. Berbeda halnya dengan kelas kontrol yang diberikan metode Copertive Script mendapatkan nilai rata-rata postes 69,69 dengan hasil uji statistik sebesar thitung < ttabel, yaitu 9,99< 17,45. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, sistematika, kebahasaan, karya ilmiah, metode STAD, karakter, metode STAD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 07:53 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 07:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35805 |
Actions (login required)
View Item |