PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NABILLAH ZAHRA, 145030107 (2018) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak rename.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ab ing.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sunda.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Revisi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB III Revisi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Metode Think Pair Share merupakan salah satu metode kooperatif yang digunakan peneliti dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali isi teks ulasan agar dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami unsur teks ulasan. Dalam hal ini, memahami unsur unsur teks ulasan juga sangatlah penting untuk dikuasai oleh setiap peserta didik. Untuk melihat tingkat kemampuan peserta didik peneliti dapat membandingkannya pada hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas VIII. Metode yang peneliti gunakan adalah true experimental design dengan teknik penelitian uji coba, observasi, tes, dan analisis. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: Mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya film dengan menggunakan metode Think Pair Share peserta didik baik pada kelas kontrol dan eksperimen? Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. Peneliti mampu merencakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai yang diperoleh peneliti pada tahap perencanaan yaitu 3.95 dan nilai rata-rata untuk kegiatan pelaksanaan yaitu 3.97; Metode Think Pair Share efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dengan penghitungan stasistik dengan hasil ttabel pretes dan postes pada kelas eksperimen yakni 81,2 > 24,5 dan thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas kontrol yakni 55,5 > 21,7, pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29; Adanya perbedaan peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi teks ulasan pada hasil pretes dengan rata-rata 24,5 dan hasil postes dengan ratarata 81,2 dengan menggunakan metode Think Pair Share sebagai kelas eksperimen dan 21,7 dengan hasil rata-rata pretes dan 55,5 hasil postes pada kelas control menggunakan metode Artikulasi sebagai kelas kontrol pada peserta didik kelas VII SMP Pasundan 1 Bandug. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran berhasil. Kata kunci: Menceritakan kembali, teks ulasan, metode Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Aug 2018 08:57
Last Modified: 25 Aug 2018 08:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35715

Actions (login required)

View Item View Item