RISMAN SANI A.N., 145030074 (2018) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS ULASAN FILM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALIS DENGAN METODE MORAL REASONING PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 SOLOKANJERUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak inggris.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK sunda.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Memproduksi adalah proses mengeluarkan hasil dalam proses menulis. Menulis merupakan sarana berkomunikasi secara tidak langsung. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis sebuah teks ulasan film berdasarkan struktur, ciri-ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan. Moral reasoning adalah suatu metode yang menuntut siswa untuk belajar lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Untuk itu, penulis melakukan sebuah pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode moral reasoning pada siswa kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode moral reasoning pada siswa kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung?; (2) Mampukah siswa kelas kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung memproduksi teks ulasan film sesuai dengan karakteristik struktur, ciri kebahasaan dan kaidah penulisan ?; (3) Efektifkah metode moral reasoning pribadi digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode moral reasoning pada siswa kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, keefektifan me tode moral reasoning dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film di kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran memproduksi teks ulasan film dengan menggunakan metode moral reasoning di kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung;(2) siswa kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk mampu memproduksi teks ulasan film dengan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan teks ulasan film dengan tepat; (3) Metode moral reasoning sangat efektif digunakan dalam pembelajaran mem-produksi teks ulasan film di kelas VIII SMPN 2 Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one group pretest-postet design. Adapun hasil penelitiannya, hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis 3,90. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari rata-rata nilai 38.94 dan setelah mengikuti postes mencapai 74.22, peningkatan sebesar 35,25. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik thitung > dari ttabel yaitu 13>3,3 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode moral reasoning ini tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks ulasan film. Karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan cara belajar menuju belajar lebih baik khususn ya pada saat memproduksi teks ulasan film. Kata Kunci : Pembelajaran, memproduksi, teks ulasan film, dan moral reasoning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 06:45 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35694 |
Actions (login required)
View Item |