PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN MODEL TREFFINGER PADA SISWA KELAS XI SMK PURAGABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sutinah, 145030031 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN MODEL TREFFINGER PADA SISWA KELAS XI SMK PURAGABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia harus dilaksanakan dengan efektif agar mampu menimbulkan minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penulis melakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai Karakter yang Terkandung dalam Cerita Pendek Melalui Penerapan Model Treffinger Pada Siswa Kelas XI SMK Puragabaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Rumusan masalah yang diajukan diantaranya (1) Bagaimanakah kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek menggunakan model treffinger pada siswa kelas XI? (2) Dapatkah peserta didik kelas XI mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek? (3) Efektifkah model treffinger dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek pada peserta didik kelas X SMK Puragabaya Bandung? Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental designs (nondesigsn). Adapun hasil nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran adalah 3,64. hasil pretest dengan rata-rata 20,53 dan hasil posttest dengan rata-rata 64,80. Perbedaan ini menunjukkan selisih 64,80 – 20,53 = 44,27, sehingga menghasilkan peningkatan dari pretest dan posttest sebesar 44,27. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik diketahui t hitung ≥ t tabel yaitu 9,60 > 2,06. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 14. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek melalui penerapan model treffingerpada kelas XI SMK Puragabaya, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, Teks Cerita Pendek, Model Treffinger.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:43
Last Modified: 21 Aug 2018 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35589

Actions (login required)

View Item View Item