Sutinah, 145030031 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN MODEL TREFFINGER PADA SISWA KELAS XI SMK PURAGABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia harus dilaksanakan dengan efektif agar mampu menimbulkan minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penulis melakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai Karakter yang Terkandung dalam Cerita Pendek Melalui Penerapan Model Treffinger Pada Siswa Kelas XI SMK Puragabaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Rumusan masalah yang diajukan diantaranya (1) Bagaimanakah kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek menggunakan model treffinger pada siswa kelas XI? (2) Dapatkah peserta didik kelas XI mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek? (3) Efektifkah model treffinger dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek pada peserta didik kelas X SMK Puragabaya Bandung? Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental designs (nondesigsn). Adapun hasil nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran adalah 3,64. hasil pretest dengan rata-rata 20,53 dan hasil posttest dengan rata-rata 64,80. Perbedaan ini menunjukkan selisih 64,80 – 20,53 = 44,27, sehingga menghasilkan peningkatan dari pretest dan posttest sebesar 44,27. Hal ini terbukti berdasarkan uji statistik diketahui t hitung ≥ t tabel yaitu 9,60 > 2,06. Dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 14. Berdasarkan fakta tersebut penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi nilai karakter yang terkandung dalam cerita pendek melalui penerapan model treffingerpada kelas XI SMK Puragabaya, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, Mengidentifikasi, Teks Cerita Pendek, Model Treffinger.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 03:43 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35589 |
Actions (login required)
View Item |