Budi Wan Santoso, 14503041 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HYPNOTEACHING PADA SISWA KELAS X SMK ICB BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER BENER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SIP.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SIP.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SIP.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III SIP.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text
BAB IV SIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V SIP.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SIP.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Puisi merupakan salah satu genre sastra yang dituangkan dari pemikiran dan perasaan seseorang ke dalam bentuk tulisan. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK ICB Bandung dengan menggunakan metode hypnoteaching? 2) Mampukah peserta didik kelas X SMK ICB Bandung menulis puisi dengan tepat sesuai dengan unsur pembangunnya? 3) efektifkah metode hypnoteaching digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik X SMK ICB Bandung? 4) Adakah perbedaan hasil belajar menulis puisi yang menggunakan metode hypnoteaching dengan yang menggunakan metode concept sentence? 5) Manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan metode hypnoteaching dengan yang menggunakan metode concept sentence? Adapun hasil penelitiannnya berikut ini: 1) Penluis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi dengan mengunakan metode hypnoteaching pada siswa kelas XSMK ICB Bandung. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan nilai sebesar 3.69 dengan kategori sangat baik (A). 2) Didik kelas X SMK ICB Bandung mampu menulis puisi dengan menggunakan metode hypnoteaching. Hal ini terbukti dari selisih nilai pretes 70.01 dan postes 95.02. 3) Metode hypnoteaching efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada kelas X SMK ICB Bandung. Hal ini terbukti indeks skor gain bahwa pada kelas eksperimen sebagian besar responde n berkategori tinggi sebesar 66.5% dan pada kelas kontrol berkategori sedang sebesar 84,0%. Artinya, metode hypnoteaching lebih efektif dari metode concept sentence. 4) Mengenai hasil belajar antara pserta didik kelas eksperimen dan kelas kontroldapat dilihat dari hasil pretes dan postes. Pada kelas eksperimen, didapatkan skor pretes sebesar 70.01 dan postes sebesar 95.02, sedangkan pretes kelas kontrol sebesar 61.24 dan postes sebesar 87.15. 5) Diantara metode hypnoteaching yang diberikan kepada kelas eksperimen dan metode concept sentence dalam pembelajaran menulis puisi, telah terbukti bahwa metode hypnoteaching lebih baik signifikansi dibandingkan metode concept sentence. Hal ini terbukti dari rumus uji dua rata-rata bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa dari penelitian pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode hypnoteaching pada siswa kelas X SMK ICB Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dikatakan berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, puisi, metode hypnoteaching
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 03:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 07:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35534 |
Actions (login required)
View Item |