ENI YUHARTINI, 145030028 (2018) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN SEBUAH NASKAH DRAMA DENGAN MEMERHATIKAN ISI DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISWA KELAS XI SMA N 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
3. Ringkesan.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
1. Abstract.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Drama merupakan salah satu genre sastra yang memiliki kekhususan dibandingkan dengan genre sastra yang lain. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah Penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan?; 2) Mampukah peserta didik di kelas XI SMAN 9 Bandung mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan?; 3) Efektifkah model Student Facilitator and Explaining diterapkan dalam pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan? 4) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan model student facilitator and explaining dengan peserta didik yang mengguanakan model simulasi. Metode yang digunakan oleh penulis yaitu teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba dan tes. 1)Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining di kelas XI SMAN 9 Bandung. Dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,64.); 2) Peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 9 Bandung mampu mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Dapat dibuktikan nilai pretes sebesar 1.185 dan nilai postes sebesar 2.005. 3) Model Student Facilitator and Explaining efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik thitung ≥ ttabel yaitu 0.64>0.05. 4). Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberikan perlakuan menggunakan model student facilitator and explaining dengan peserta didik yang mengguanakan model simulasi. Membuktikan bahwa nilai mean untuk kelas eksperimen sebesar 80.20 sedangkan kelas kontrol nilai mean sebesar 69.20. Penulis menyimpulkan bahwa model Student Facilitator and Explaining efektif digunakan dalam mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan di kelas XI SMAN 9 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Mendemonstrasikan, naskah drama, model Student Facilitator and Explaining.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 18 Aug 2018 03:37 |
Last Modified: | 18 Aug 2018 03:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35511 |
Actions (login required)
View Item |