IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA

SARYANTI, NPM. 138060084 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL IBU SARYANTI.docx

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (148kB)

Abstract

Pada era global seperti sekarang ini perkembangan dunia pendidikan sangat pesat, hal ini dapat dilihat dengan ditemukannya model-model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam pendidikan, model pembelajaran yang diharapkan mampu membekali kemampuan siswa bekerja sama, meningkatkan aktivitas siswa, serta mendapatkan pengetahuan yang tidak hanya untuk di ingat tetapi untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Dari sekian banyak tipe-tipe model pembelajaran, peneliti memilih model pembelajaran berbasis masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan percaya diri siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini di ambil melalui teshasil belajar matematika dan angket percaya dirisiswa yang di lakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrolsetelah selesai pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 2 Baleendah Bandung, Sedangkan sampel diambil secara acak.Hasil penelitian ini adalah: 1a)Peningkatan hasil belajar siswa unggul yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional ; 1b)Tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelompok asor yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 2) percaya diri siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 3)Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap hasil belajar matematika dan percaya diri siswa ; 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan konvensional dengan hasil belajar dan percaya diri siswa; 5) Terdapat korelasi antara hasil belajar dan percaya diri Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar dan Percaya Diri

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 13 Apr 2016 03:17
Last Modified: 25 Jun 2016 05:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item