PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI LISTRIK DI KELAS VI SDN CIBEUREUM XI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil di Sekolah Dasar Negeri Cibeureum XI Kecamatan Andir Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Sri Wahyuni Isnaeni, 125060320 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI LISTRIK DI KELAS VI SDN CIBEUREUM XI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil di Sekolah Dasar Negeri Cibeureum XI Kecamatan Andir Kota Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, rata-rata hasil belajar siswa pada materi energi listrik belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi energi listrik di kelas VI SDN Cibeureum XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning. Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI pada materi energi listrik. Dengan demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2017 07:25
Last Modified: 27 Oct 2017 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31609

Actions (login required)

View Item View Item