SINTA VERANTIKA, 135050029 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematik dan self-confidence siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan self-confidence siswa SMP adalah model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning; 2) Untuk mengetahui peningkatan self-confidence siswa yang memperoleh model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasional Bandung. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematik siswa dan angket self-confidence siswa. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Excel dan software IBM SPSS Statistic 24.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning, 2) Peningkatan self-confidence siswa yang menggunakan model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning. Dengan demikian model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-confidence siswa. Kata Kunci: Model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC), Kemampuan Komunikasi Matematik, Self-Confidence Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:06 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30899 |
Actions (login required)
View Item |