PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

SYIFA ASWA RAHMAHILMA, 135060188 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa yang terdiri dari tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan prikomotor dengan menggunakan model discovery learning pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung dan dilatar belakangi dengan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM. Karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai tuntas dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar siswa aspek kognitif siklus I memperoleh 46,12% siswa tuntas mencapai KKM, siklus II memperoleh 73,08%, dan siklus III mencapai 92,31%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada sikap peduli siswa siklus I memperoleh 40,39% siswa tuntas, siklus II memperoleh 65,39%, dan siklus III mencapai 84,62%. Pada penilaian sikap santun siswa siklus I memperoleh 32,67%, siklus II memperoleh 61,54%, dan siklus III mencapai 86,54%. Hasil belajar siswa aspek psikomotor pada keterampilan siswa siklus I memperoleh 30,82% siswa tuntas, siklus II memperoleh 59,62%, dan siklus III mencapai 88,47%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap peduli, santun, dan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN Cibaduyut 148 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:00
Last Modified: 17 Oct 2017 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30896

Actions (login required)

View Item View Item