PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Wujud Benda dan Cirinya di SDN 270 Gentra Masekdas Kota Bandung)

VINNA AGUSTINA, 135060111 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Wujud Benda dan Cirinya di SDN 270 Gentra Masekdas Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indonesia.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.inggris.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.sunda.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model discovery learning di SDN 270 Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang memuaskan dikarenakan siswa tidak berani mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam pembelajaran siswa cenderng pasif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada metode penelitian dengan desain penelitian Kemmis & MC Taggart dan dilaksanakan dalam 3 siklus sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai yaitu 3,38 menjadi 3,94, sikap percaya diri pada siklus I sampai siklus III yaitu 36,84% menjadi 78,94%, selanjutnya hasil belajar siklus I sampai siklus III yaitu 52,63% menjadi 86,8%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model discovery learning mampu meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema wujud benda dan cirinya di kelas V SDN 270 Gentra Masekdas. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:35
Last Modified: 17 Oct 2017 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30834

Actions (login required)

View Item View Item