Lala Nurkamila, 135060145 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Gentra Masekdas). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ANSTRAK B.SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB I .pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
BAB II Download (0B) |
||
|
Text
SKRIPSI BAB III .pdf Download (752kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
SKRIPSI BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap peduli, santun, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu dengan persentase sebanyak 50% sedangkan pada siklus II dengan persentase mencapai 70% dan siklus III sebanyak 87%. Penilaian sikap peduli pada siklus I dengan persentase 45% sedangkan siklus II sebanyak 65% dan siklus III 85%. Penilaian sikap santun pada siklus I dengan persentase 55% sedangkan siklus II sebanyak 67% dan siklus III 87%. Penilaian keterampilan komunikasi pada siklus I dengan persentase 48% sedangkan siklus II sebanyak 70% dan siklus III 85%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap peduli, santun, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:24 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30832 |
Actions (login required)
View Item |