PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semes

RISKA RISMAYANTI, 135060160 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semes. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi riska.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Tanjungjaya Kabupaten Indramayu yang menunjukkan kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tanjungjaya Kabupaten Indramayu pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Suharsimi Arikunto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungjaya Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 57,5%, siklus II sebesar 68,75% dan siklus III sebesar 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tanjungjaya Kabupaten Indramayu dalam subtema keberagaman budaya bangsaku, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang disarankan kepada guru karena dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Aktivitas Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 01:39
Last Modified: 17 Oct 2017 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30823

Actions (login required)

View Item View Item