DWI HANDAYANI, 135060242 (2017) UPAYA MENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V SD Negeri Ciateul Kota Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
7 ASBTRAK B INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8 ASBTRAK B INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9 ASBTRAK B SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Ciateul Kota Bandung dengan subjek penelitian adalah kelas V dan objek penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki -laki dan 9 siswa perempuan. Adapun tujuan penilitian ini adalah untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. PTK ini terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor rata-rata sikap percaya diri siswa 2,2 dengan kategori kurang, pada siklus II siklus skor rata-rata sikap percaya diri siswa 3,6 dengan kategori sangat baik. Pada pretest siklus I rata-rata hasil belajar mendapatkan nilai 64,5 dengan kategori belum tuntas. Kemudian hasil penilaian postest pada siklus I memperoleh nilai 85,5 dengan kategori tuntas, dan yang mencapai KKM berjumlah 17 siswa. Pada siklus II hasil penilaian pretest diperoleh nilai 83,6 dengan kategori tuntas, kemudian hasil penilaian postest pada siklus II memperoleh nilai 97,2 dengan kategori tuntas dan siswa yang mencapai KKM berjumlah 22 orang siswa dari jumlah kesuluruhan siswa yang ada. Dengan demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 11:18 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 11:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30803 |
Actions (login required)
View Item |