UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan Di Kelas V SDN Pameungpeuk 1 Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung)

AJENG NUR AZIZAH, 135060307 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan Di Kelas V SDN Pameungpeuk 1 Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Abstrak B. Indonesia.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 Abstrak B. Inggris.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 Abstrak B. Sunda.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (799kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
19 Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan siswa kelas V SDN Pameungpeuk 1 Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung belum mencapai hasil belajar yang diinginkan karena pelaksanaan belajar di sekolah dasar masih menggunakan model konvesional yang artinya pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhankan sikap peduli, tanggung jawab, kerja sama siswa serta hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan maupun aspek ketarampilan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, sebanyak 33 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian Siklus I pada aspek peduli, kerja sama dan tanggung jawab cenderung pada kategori mulai terlihat (MT), pada siklus II sikap siswa cenderung kategori mulai berkembang (MB), pada siklus III sikap siswa cenderung kategori sangat membudaya (SM) dari kaseluruhan jumlah siswa. Hasil belajar siswa dari aspek pengetahuan siklus I siswa yang tuntas dari KKM jumlahnya 19 orang atau 57,5%, siswa yang belum tuntas jumlahnya 14 orang atau 42,4%. Pada siklus II siswa yang tuntas jumlahnya 27 orang atau 81,1%, siswa yang belum tuntas jumlahnya 6 orang atau 18,1 %. Pada siklus III siswa yang tuntas jumlahnya 32 orang atau 96,9%, siswa yang belum tuntas jumlahnya 1 orang atau 3,03%. Pada aspek katerampilan siklus I siswa lebih cenderung kategori cukup (C Pada aspek katerampilan siklus II siswa lebih cenderung kategori kategori baik (B). Pada aspek katerampilan siklus III siswa lebih cenderung kategori amat baik (A). Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya menggunakan model project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dari pembelajaran tematik subtema usaha pelestarian lingkungan. Hambatan penelitian, siswa belum sepenuhnya memahami materi, siswa belum melaksanakan perannya dengan baik dilingkungan sekolah. Upaya mengatasi hambatan yaitu membuat kelompok dalam pengerjaan proyek, belajar secara kolaboratif dan kooperatif serta hendaknya guru mengkaji model pembelajaran tersebut sehingga pelaksanaan sesuai yang diinginkan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Project Based Learning, Hambatan Penelitian, Upaya mengatasi hambatan penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:14
Last Modified: 16 Oct 2017 11:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30802

Actions (login required)

View Item View Item