PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN dan SELF-CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SMA

DANA SUDANA, 135050091 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN dan SELF-CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK indo.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dana Sudana. (135050091). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Self-Confidence Matematis Siswa SMA Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk meningkatkan pengetahuan pada matematika, maka perlu adanya kemampuan matematik terutama kemampuan penalaran matematis. Dalam hal ini, kemampuan penalaran matematis pada siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara diperlukan adanya perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran model Reciprocal Teaching lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui self-confidence siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode Reciprocal Teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Pasundan 1 Bandung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS - 4 sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan pembelajaran Reciprocal Teaching, dan X IPS - 2 sebagai kelas kontrol yang akan diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pretes dan postes kemampuan penalaran matematis, dan instrumen non-tes berupa angket Self-confidence siswa. Sehingga penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Selain itu siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran Reciprocal Teaching Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Penalaran Matematis, dan Self-confidence

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 02:48
Last Modified: 16 Oct 2017 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30724

Actions (login required)

View Item View Item