DANA SUDANA, 135050091 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN dan SELF-CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK indo.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Dana Sudana. (135050091). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Self-Confidence Matematis Siswa SMA Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk meningkatkan pengetahuan pada matematika, maka perlu adanya kemampuan matematik terutama kemampuan penalaran matematis. Dalam hal ini, kemampuan penalaran matematis pada siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara diperlukan adanya perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang pembelajaran matematikanya menggunakan model pembelajaran model Reciprocal Teaching lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui self-confidence siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode Reciprocal Teaching. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Pasundan 1 Bandung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS - 4 sebagai kelas eksperimen yang akan diberikan pembelajaran Reciprocal Teaching, dan X IPS - 2 sebagai kelas kontrol yang akan diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pretes dan postes kemampuan penalaran matematis, dan instrumen non-tes berupa angket Self-confidence siswa. Sehingga penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Selain itu siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran Reciprocal Teaching Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Penalaran Matematis, dan Self-confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 02:48 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30724 |
Actions (login required)
View Item |