PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

SANSI VIERA, 135060121 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER(1).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 123(1).pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
bab IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung, guru belum terlalu menggunakan model-model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk melakukan proses belajar, selain itu juga guru masih mendominasi kegiatan belajar megajar, hasil belajar siswa masih rendah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dikelas IV SDN Bhaki Winaya Bandung. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning. Metode penelitian yang dilakukan oleh penelitian yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian yang dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru ketika melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan tujuan untuk merefleksi dan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model discovery learning pada siklus I hasil belajar siswa dengan peresentase ketuntasan aspek kognitif mencapai 45% siswa yang mencapai KKM, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 53,3%, sikap santun 58,6% dan aspek psikomotor 75,8%, dan belum mencapai target. Pada siklus II hasil belajar aspek kognitif mencapai 76% siswa yang mencapai KKM, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 97%, sikap santun 100% dan aspek psikomotor 97%, adapun pada siklus ini sudah mengalami peningkatan dan sudah mendekati target. Pada siklus III mencapai aspek kognitif mencapai 97,3% siswa yang mencapai KKM, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 100 %, sikap santun 100% dan aspek psikomotor 100% dan pada siklus ini sudah mencapai target yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV SDN Bhakti Winaya Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Discovery Lerning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2017 09:15
Last Modified: 14 Oct 2017 09:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30709

Actions (login required)

View Item View Item