NUKE OKTAVIANI PUTRI, 135020008 (2017) PENERAPAN METODE PETA KONSEP BERBASIS AUIDO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Mendeskripsikan Akuntansi Sebagai Sistem Informasi Kelas XII IPS3 SMA Pasundan 2 Cimahi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Pengaruh Metode Peta Konsep Berbasis Audio-Visual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Mendeskripsikan Akuntansi Sebagai Sistem Informasi Kelas XI IP3 SMA Pasundan 2 Cimahi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep berbasis audio-visual dan pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi kelas XI IPS3 SMA Pasundan 2 Cimahi serta untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep berbsis audio-visual terhadap pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi kelas XI IPS3 SMA Pasundan 2 Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS3 SMA Pasundan 2 Cimahi yang berjumlah 26 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai metode peta konsep berbasis audio-visual sebesar 3,9, sedangkan mengenai pemahaman konsep siswa sebesar 3,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap pengaruh metode peta konsep terhadap pemahaman konsep siswa dapat dikatakan “Baik” berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh metode peta konsep berbasis audio-visual yaitu koefisien determinsi R Square sebesar 0,194%. Hal ini dinyatakan variabel X memiliki pengaruh 19,4% terhadap varibel Y yang sisanya 81,6% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variable Y sebanyak 19,4% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi metode peta konsep dan keuntungan media audio-visual. kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyempaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi metode pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audio-visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Metode Peta Konsep Berbasis Audio-Visual Dan Pemahaman Konsep Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Oct 2017 08:30 |
Last Modified: | 14 Oct 2017 08:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30697 |
Actions (login required)
View Item |