PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI BUKU PENGETAHUAN YANG DIBACA DENGAN MODEL INQUIRY PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 21 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

ASRI NURHAYATI RAHAYU, 135030023 (2017) PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MELALUI BUKU PENGETAHUAN YANG DIBACA DENGAN MODEL INQUIRY PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 21 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Buku Pengetahuan yang Dibaca dengan Model Inquiry pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya Model Inquiry digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan yang dibaca. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi dengan model inquiry pada peserta didik kelas VII SMPN 21 Bandung? (2) Mampukah peserta didik kelas VII SMPN 21 Bandung melaksanakan kegiatan pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan dengan tepat pada model inquiry? (3) Apakah model inquiry efektif digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan dengan tepat untuk peserta didik kelas VII? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, yaitu penelitian dengan hanya menggunakan satu kelompok sampel dan tidak ada kelompok lain sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan dengan menggunakan model inquiry pada peserta didik kelas VII SMPN 21 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 13,4. (2) Peserta didik kelas VII SMPN 21 Bandung menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan dengan menggunakan model inquiry. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata pretes yaitu 68,0 dan nilai rata-rata postes yaitu 81,4 yang berarti ada peningkatan sebesar 13,4 atau setara dengan 0,47%. (3) Model inquiry tepat digunakan dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi melalui buku pengetahuan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel, yakni 7,52 > 2,04 pada taraf signifikan 0,5 tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Teks Laporan Hasil Observasi, model inquiry.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:10
Last Modified: 13 Oct 2017 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30624

Actions (login required)

View Item View Item