SELVIANA RAHAYU LENIANA, 135020072 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN MATERI AJAR (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 6 SMA Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2016 – 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.PDF Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF Download (223kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus di kelas X bab koperasi MA Al -Inayah tahun ajaran 2016/2017). Dengan dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang konvensional, sehingga membuat suasana pembelajaran membosankan dan tidak menyenangkan hal ini mengakibatkan pemahaman dan daya ingat siswa menjadi menurun khususnya pada mata pelajaran IPS (Ekonomi). Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat pemahaman dan daya ingat siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning) di kelas X MA Al-Inayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman dan daya ingat siswa melalui hasil belajar ekonomi yang signifikan antara pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning) dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning). Metode yang digunakan adalah TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan). Hipotesis Penelitian/Pertanyaan penelitian berbunyi adakah peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning). Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa menggunakan tes. Teknik pengelolaan data dengan cara teknik deskriptif dan statistik. Kriteria pengujian adalah diterima Ho jika t hitung terletak antara –ttabel dan t tabel dan tolak Ho jika di luar daerah tersebut. Hasil dan analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 61,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 56,25 dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji t dengan hasil thit=2,23 dan ttabel = 2,01. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui thit tidak terletak di batas penerimaan H 0, sehingga H 1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning) dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran quantum (Quantum Learning). Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pembaca dan peneliti selanjutnya agar memahami dan mempelajari terlebih dahulu m odel pembelajaran quantum (Quantum Learning) dan memilih metode yang akan digunakan agar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang di harapkan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quanntum (Quantum Learning), Pemahaman, Daya Ingat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 06:58 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 06:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30247 |
Actions (login required)
View Item |