KENANGA ANUGRAH GUSTI, 135020082 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM (QUANTUM LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi kasus di kelas X bab koperasi MA Al-Inayah tahun ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak 2.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
6. astrak b. sunda.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi kasus di kelas X bab koperasi MA Al-Inayah Bandung tahun ajaran 2016/2017). Dengan dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang konvensional, sehingga membuat suasana pembelajaran membosankan dan tidak menyenangkan hal ini mengakibatkan pemahaman dan daya ingat siswa menjadi menurun khususnya pada mata pelajaran IPS (Ekonomi). Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana tingkat pemahaman dan daya ingat siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning) di kelas X MA Al-Inayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman dan daya ingat siswa melalui hasil belajar ekonomi yang signifikan antara pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning) dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning). Metode yang digunakan adalah TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan). Hipotesis Penelitian/Pertanyaan penelitian berbunyi adakah peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa menggunakan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning). Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa menggunakan tes. Teknik pengelolaan data dengan cara teknik deskriptif dan statistik. Kriteria pengujian adalah diterima H0 jika thitung terletak antara –ttabel dan ttabel dan tolak H0 jika di luar daerah tersebut. Hasil dan analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 61,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 56,25 dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji-t dengan hasil thitung=2,23 dan ttabel = 2,01. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat diketahui thitung tidak terletak di batas penerimaan H0, sehingga H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning) dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning), dan kesimpulan dapat diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru dan siswa agar lebih aktif, kreatif, inovatif dalam menemukan berbagai sumber dan cara belajar yang cocok. Kepada sekolah agar memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran yang lebih kreatif dan bervariasi. Kepada peneliti selanjutnya agar mempelajari dan menyesuaikan waktu, materi, sarana dan prasarana, serta kondisi saat pembelajaran dalam menerapkan metode dan model pembelajaran Quantum (Quantum Learning) pada kelas dan pembelajaran yang berbeda. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum (Quantum Learning), Pemahaman, Daya Ingat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 04:24 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 04:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30225 |
Actions (login required)
View Item |