ELMA MARLIANA, 135020017 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen pada Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 1 Soreang Pada Materi Ajar Koperasi Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover elma.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Soreang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang didukung dengan masih rendahnya nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Negeri 1 Soreang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada kelas eksperimen, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi pada kelas eksperimen, dan (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan kelas kontrol yang menggunakan kooperatif tipe artikulasi di SMA Negeri 1 Soreang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 1 Soreang tahun ajaran 2016-2017. Adapun sampel penelitiannya adalah sebanyak dua kelompok kelas yaitu peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Soreang yang dipilih secara acak dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample T-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh pada tes akhir (post test) nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,002. Oleh karena nilai signifikannya< 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksperimen yang proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan peserta didik kelas kontrol sebelum perlakuan pada saat pre test. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dengan peroleh skor rata-rata hasil pre test yaitu sebesar 56,71. Setelah diberikan sebuah perlakuan, skor rata-rata hasil post test mengalami peningkatan yaitu sebesar 77,80. Sehingga diperoleh N-gain hasil belajar pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,48 (0.38<0.50). Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 07:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29904 |
Actions (login required)
View Item |