GITA ARIYANTI, 135020044 (2017) PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL PADA KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG (Studi Eksperimen kelas X IPS 1 Sub materi pasar modal). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
001 cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
005 ABSTRAK.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
006 ABSTRACT.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
007 RINGKESAN.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah penerapan metode kontekstual pada kurikulum 2013 terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kontekstual dalam kurikulum 2013 pada kelas eksperimen di kelas X IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kontekstual dalam kurikulum 2013 pada kelas eksperimen di kelas X IPS 1 SMA Pasundan 3 Bandung yang bertempat di jalan kebon jati No.31 Bandung 40281. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu rumusan masalah penelitian yang bersifat untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Diambil sampel secara random dan didapat kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik uji coba, observasi, dan tes (pretest dan postest) sebanyak 7 pertanyaan yang bersifat essay dengan masing-masing soal memiliki bobot nilai yang berbeda-beda dan pernyataan diberikan kepada siswa kelas X IPS 1 (kelas eksperimen) dan X IPS 2 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi sebelum adanya treatment pemahaman ekonomi siswa antara kedua kelas relatif sama yaitu berada pada rata-rata 63,92 untuk kelas eksperimen dan 45,16 pada kelas kontrol. Data nilai postest menunjukkan adanya peningkatan pemahaman ekonomi. Pada kelas eksperimen menjadi 79,52 sedangkan pada kelas kontrol menjadi 60,96. Perhitungan uji hipotesis untuk kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari taraf keper cayaan 95% (α=0,05). Sehingga H1 diterima dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh N-Gain 0,432373 dikategorikan sedang dan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh N-Gain 0,288111 dikategorikan rendah. Dan besar pengaruh metode kontekstual terhadap pemahaman siswa berdasarkan tab el eta square sebesar 53,8%. Sebagai akhir tulisan penulis menyarankan agar dalam proses belajar mengajar yang dilakukan guru dalam mata pelajaran ekonomi perlu dikembangkan serta ditingkatkan kembali guna tercapainya pemahaman ekonomi yang maksimal sehingga peningkatan kualitas sekolah akan lebih baik. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kontekstual pada kurikulum 2013, Pemahaman Ekonomi Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 03:43 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29797 |
Actions (login required)
View Item |