PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERDASARKAN ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRAETIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ASRI RATNASARI, 135030030 (2017) PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERDASARKAN ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CRAETIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. TABEL Bab II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengembangkan Teks Prosedur Kompleks Berdasarkan Isi, Struktur, dan Kebahasaan dengan Menggunakan Metode Creative Problem Solving pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode Creative Problem Solving digunakan dalam pembelajaran me-ngembangkan teks prosedur kompleks berdasarkan isi, struktur, dan kebahasaan. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengembangkan teks prosedur kompleks berdasarkan isi, struktur dan kebahasaan dengan menggunakan metode Creative Problem Solving pada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung? (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung mengikuti pretes dan postes pada pembelajaran mengem-bangkan teks prosedur kompleks berdasarkan isi, struktur dan kebahasaan dengan menggunakan metode Creative Problem Solving? (3) Efektifkah metode Creative Problem Solving dalam pembelajaran mengembangkan teks prosedur kompleks berdasarkan isi, struktur dan kebahasaan pada peserta didik kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, ya-itu penelitian dengan hanya menggunakan satu kelompok sampel dan tidak ada kelompok lain sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pem-belajaran mengembangkan teks prosedur kompleks berdasarkan isi, struktur, dan kebahasaan dengan menggunakan metode Creative Problem Solving. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mengembangkan teks prosedur kompleks berda-sarkan isi, struktur, dan kebahasaan dengan menggunakan metode Creative Prob-lem Solving pada siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung. Hal ini dapat di-buktikan dari rata-rata hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 5,3. (2) Siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung mampu mengembang-kan teks prosedur kompleks berdasarkan isi, struktur, dan kebahasaan dengan menggunakan metode Creative Problem Solving. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata pretes yaitu 66,5 dan nilai rata-rata postes yaitu 77,1 yang berarti ada pe-ningkatan sebesar 10,6 atau setara dengan 45,3%. (3) Metode Creative Problem Solving tepat digunakan dalam pembelajaran mengembangkan teks prosedur kom-pleks berdasarkan isi, struktur dan kebahasaan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel, yakni 5,3> 2,04 pada taraf signifikan 0,5 tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Teks prosedur kompleks, metode creative problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:21
Last Modified: 19 Sep 2017 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29791

Actions (login required)

View Item View Item