SORAYA ULFA, 135060275 (2017) PENGGUNAAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD PLUS AL-FATWA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
PENGGUNAAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN A.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Plus Al - Fatwa Kota Bandung. Penggunaan model yang berpusat pada guru menjadikan pembelajaran yang tidak efektif dan kurang melibatkan peran peserta didik didalamnya.Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus.Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus yang telah dilaksanakan. Pada siklus I skor rata - rata aktivitas peserta didik sebesar 63,75 % dengan kategori cukup. Pada siklus II rata - rata aktivitas peserta didik sebesar 72,5%dengan kategori cukup. Dan pada siklus III rata- rata aktivitas peserta didik sebesar 90% dengan kategori bairnk. Pada siklus I rata - rata hasil belajar peserta didik dari pretest sebesar 72,6 dan posttest sebesar 80,6. Pada siklus II rata- rata hasil belajar peserta didik dari pretest sebesar 73,3 dan posttest sebesar 90,6. Pada siklus III rata- rata hasil belajar peserta didik dari pretest sebesar 84,6 dan posttest sebesar 92. Berda sarkan hasil peneli tian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model environmental learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V. Kata Kunci: Model Environmental Learning, Aktivitas, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2017 04:12 |
Last Modified: | 13 Sep 2017 04:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29228 |
Actions (login required)
View Item |