Elmiar Nurfadillah, 135060268 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Baranangsiang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar siswa terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 57% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 70% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Pada ranah afektif siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 27% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 53% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 87% dengan kategori baik. Pada ranah psikomotor, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 30% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 50% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 83% dengan kategori baik. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan informasi secara singkat saja. Dari peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia kelas IV SD Negeri Baranangsiang dengan menggunakan model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, Hambatan, Upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 05:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 05:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29060 |
Actions (login required)
View Item |