Nurul Gamala Tawainella, 132020010 (2017) PENYESUAIAN DIRI ANAK DENGAN DISABILITAS RUNGU WICARA SLB NEGERI CICENDO BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
cover cklipci saja.docx Download (70kB) |
||
Text
abstrak indo.rtf Download (2kB) |
||
Text
Abstrak inggris.docx Download (11kB) |
||
Text
abstrak sunda.rtf Download (43kB) |
||
Text
bab 1.rtf Download (55kB) |
||
Text
bab 2.rtf Download (164kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (5kB) |
||
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (13kB) |
||
|
Image
Untitled-3.jpg Download (231kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penyesuaian Diri Anak Dengan Disabilitas Rungu Wicara SLB Negeri Cicendo Kota Bandung. Penyesuaian diri adalah suatu proses dinamika terus menerus yang bertujuan untuk mengubah kelakuan guna mendapatkan hubungan yang lebih serasi antara diri dan lingkungan. Proses penyesuaian diri juga terbentuk sesuai dengan hubungan individu dengan lingkungan sosialnya, yang dituntut dari individu tidak hanya mengubah kelakuannya dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhan dari dalam dirinya, tetapi juga dituntut untuk menyesuaiakan diri dengan adanya orang lain dan macam-macam kegiatan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam membangun hubungan dengan lingkungan sosialnya, untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam mengikuti pembelajaran di kelas, untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam mengikuti, untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilita rungu wicara dalam mengikuti kegiatan ektrakurikuler di sekolah, dan untuk menggambarkan penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara dalam memenuhi kebutuhan psikologisnya. Metode yang digunakan adala metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan: (1)wawancara mendalam, (2)observasi Langsung, (3)studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu informan utama yaitu anak dengan disabilitas rungu wicara SLB Negeri Cicendo Badung sebanyak 8 orang, dan informan tambahan yaitu guru sebanyak 2 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penyesuaian anak dengan disabilitas rungu wicara SLB Negeri Cicendo Bandung belum dapat melakukan penyesuaian dengan baik, seperti penyesuaian dalam membangun hubungan komunikasi, penyesuaian dalam belajar di kelas dan pemenuhan terhadap kebutuhan psikologis (rasa aman dan percaya diri) dan hal ini dikarenakan hambatan yang dimiliki oleh mereka. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Anak dengan Disabilitas Rungu Wicara.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 03:20 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 03:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28069 |
Actions (login required)
View Item |