Strategi Komunikasi Kegiatan Wali Kota Bandung

RUT CAHAYA HUTAPEA, 132050173 (2017) Strategi Komunikasi Kegiatan Wali Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. cover & lembar pengesahan.docx

Download (33kB)
[img] Text
2. abstrak.docx

Download (33kB)
[img] Text
3. Bab 1.docx

Download (37kB)
[img] Text
4. Bab 2.docx

Download (43kB)
[img] Text
8. Daftar Pusaka.docx

Download (21kB)

Abstract

Rut Cahaya Hutapea, 132050173, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan Bandung. Dengan Dr. Sutrisno, M.Si selaku dosen pembimbing. Melakukan penelitian dengan judul “Strategi Komunikasi Kegiatan Wali Kota Bandung, Studi Kasus : Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Membentuk Opini Followers.” Tujuan dari disusunnya Skripsi ini adalah untuk mengetahui proses strategi komunikasi yang dilakukan oleh Tim Akun Instagram @humasbdg dalam membentuk opini followers sebagai bentuk dari pencapaian tujuan dari sebuah fungsi komunikasi. Dalam hal ini, strategi komunikasi yang ada merupakan bagian dari strategi penyusunan pesan, penetapan komunikator, physical context, dan strategi pencapaian efek. Sehingga opini yang di dapatkan berasal dari efek strategi komunikasi dari pesan yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam metode ini akan mengambarkan tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh @humasbdg. Dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu, studi kepustakawanan, wawancara, dan observasi kepada Humas dan Tim Akun Instagram @humasbdg juga followers dari akun Instagram tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa proses strategi yang dilakukan oleh tim @humasbdg cukup memberikan kepuasan dan kebutuhan bagi warga kota Bandung yang membutuhkan informasi mengenai kegiatan Bandung yang sekarang dan yang akan datang. Tetapi tidak hanya dalam tahap itu, teori kebutuhan dan kepuasan akan informasi terus berkembang sehingga tidak hanya cukup jika hanya mengandalkan media konvensional. Seluruh media dapat digunakan untuk mencapai komunikasi kepada publik luas karena masyarakat sekarang adalah masyarakat yang aktif dalam menerima pesan informasi. Rekomendasi dari peneliti adalah diperlukan sumber daya manusia khusus untuk memahami bagaimana penyampaian pesan melalui @humasbdg yang berfokus pada pengaruh tanggapan masyarakat atas kinerja kota Bandung. Mayoritas pengguna media sosial Instagram adalah anak muda yang jarang sekali untuk membaca berita dan sebagian belum dapat memilah informasi dengan benar. Sehingga keterbatasan tersebut perlu untuk dipertimbangkan dalam menetapkan pesan-pesan yang akan disampaikan agar lebih menarik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 24 May 2017 05:09
Last Modified: 24 May 2017 05:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item View Item