PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TANJUNGPINANG (STUDI TENTANG KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK)

RUMZI SAMIN, NPM. 079213009 (2012) PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TANJUNGPINANG (STUDI TENTANG KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
1SAMPUL LEMBARPERSETUJUAN.doc

Download (52kB)
[img] Text
3Abstrak.doc

Download (82kB)
[img] Text
12daftarpustaka.doc

Download (67kB)
[img] Text
6bab I.rtf

Download (125kB)
[img] Text
7BAB II.doc

Download (436kB)

Abstract

Fungsi pelayanan pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat dapat timbul akibat adanya hak masyarakat akan sesuatu barang atau jasa yang hanya bisa disediakan oleh pemerintah. Kualitas pelayanan publik belum optimal diduga disebabkan kurang responsifnya aparatur pemerintahan, akses informasi yang tidak transparan, kesopanan petugas pelayanan yang kurang ramah. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah belum optimalnya Implementasi kebijakan dan pengembangan sumber daya manusia di Kota Tanjungpinang dalam mengungkit/ mendongkrak kualitas pelayanan kepada masyarakat. Implementasi kebijakan dijelaskan dengan dimensi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi. Pengembangan Sumber daya manusia (SDM) diterangkan melalui dimensi Dukungan manajemen puncak, Perkembangan organisasi, Kompleksitas organisasi, Perilaku kerja, Prinsip-prinsip belajar dan Unjuk kerja. Sedangkan Kualitas pelayanan diterangkan melalui dimensi Responsivitas, Kesopanan, Akses dan Komunikasi. Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif, kemudian metode penelitian yang digunakan adalah metoda survey eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen utama dan didukung oleh wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis SEM melalui bantuan program Lisrel diketahui bahwa komunikasi menjelaskan implementasi kebijakan sebesar 16,8%, peningkatan sumber daya manusia menjelaskan sebesar 6,7%, disposisi menjelaskan sebesar 11,2% dan oleh struktur birokrasi dapat menerangkan implementasi kebijakan sebesar 4,2%. Variabel implementasi kebijakan dapat dijelaskan paling besar oleh komunikasi dan disposisi. Nilai koefisien pengaruh implementasi kebijakan terhadap kualitas pelayanan di Kota Tanjungpinang adalah 0,389. Hal ini berarti peningkatan implementasi kebijakan sebesar satu satuan akan meningkatkan kualitas pelayanan sebesar 0,389 satuan. Pengembangan SDM dapat dijelaskan oleh Dukungan manajemen puncak sebesar 7,9%; Perkembangan teknologi sebesar 9,8%; Kompleksitas organisasi yang serasi sebesar 8,6%; Perilaku pegawai sebesar 10,8%; Prinsip-prinsip belajar menerangkan sebesar 10,9% dan Unjuk kerja menerangkan sebesar 4,8%. Terlihat bahwa prinsip-prinsip belajar dan Perilaku pegawai mempunyai pengaruh yang paling besar dalam pengembangan (SDM). Besar pengaruh variabel pengembangan sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan sebesar 0,449. Implementasi kebijakan dan Pengembangan SDM secara simultan berpengaruh sebesar 0,838 terhadap kualitas pelayanan. Artinya peningkatan implementasi kebijakan dan pengembangan SDM sebesar satu satuan akan meningkatkan kualitas pelayanan sebesar 0,838 satuan.. Dari hasil analisis deskriptif terlihat bahwa kondisi implementasi masih berada dalam kategori cukup baik, hal yang sama kondisi pengembangan SDM masih berada dalam kategori cukup baik. Kondisi kualitas pelayanan yang ada di Kota Tanjungpinang saat ini juga berada dalam kategori cukup baik sehingga masih perlu dioptimalkan lagi melalui implementasi kebijakan dan pengembangan SDM. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan dan Pengembangan Sumber daya Manusia secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2012
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Apr 2017 09:14
Last Modified: 27 Apr 2017 09:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27208

Actions (login required)

View Item View Item