PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DANKREATIVITAS SISWAKELAS VIISMPN I KARAWANG TIMUR KABUPATEN KARAWANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017

EKA HELAHATIN EFFENDI, NPM : 148090009 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DANKREATIVITAS SISWAKELAS VIISMPN I KARAWANG TIMUR KABUPATEN KARAWANGTAHUN PELAJARAN 2016/2017. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (114kB)

Abstract

Effendi,EkaHelahatin. 2017. Penerapan Model Problem Based LearninguntukMeningkatkanKemampuanMemproduksiTeksLaporanHasilObservasidanKreativitasSiswaKelas VII SMPN I KarawangTimurKabupatenKarawangTahunPelajaran 2016/2017. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa danSastraIndonesia,Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing:(I) Dr. TitinNurhayatin, M.Pd.,(II) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri I KarawangTimur. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan pesertadidikdalam memproduksitekslaporanhasilobservasidankreativitas. Penelitian ini menerapkan model problem based learning. Rumusanmasalahdalampenelitianiniyaitu, Adakahpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasisiswa? Terdapatpengaruhpenggunaanmodel problem based learningterhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasisiswameningkatsebesar 0,229. Apakahpengaruhpenggunaan model problem based learninglebihbaikdaripadapenggunaan model konvensionaldalampeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasisiswa? Pengaruhpenggunaanmodel problem based learningsebesar 2% danpembelajarankonvensionalsebesar 0,6%.Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran terlihat dari hasil observasi yang dilakukan.Adakahpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuankreativitasdalammemproduksitekshasilobservasisiswa? Terdapatpengaruhpenggunaanmodel problem based learningterhadappeningkatankemampuankreativitassiswameningkatsebesar0,028.Apakahpengaruhpenggunaan model problem based learninglebihbaikdaripadapenggunaan model konvensionaldalampeningkatankreativitassiswa? Pengaruhpenggunaan model problem based learningsebesar 8,9% danpembelajarankonvensionalsebesar 0,3%. Respons dan antusias peserta didik telihat dalam melakukan pengamatan terhadap suatu objek serta dapat menguraikanpermasalahanhinggamenyelesaikanmasalah.Adakahpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasidankreativitassiswa? Terdapatpengaruhpenggunaan model problem based learning terhadappeningkatankemampuanmemproduksitekslaporanhasilobservasidankreativitassiswa. Penerapan model problem based learningmenarikdanmenyenangkanbagipesertadidikdalamkegiatanpembelajaran.Berdasarkan data angket, observasi, danwawancara yang dilakukanpesertadidik memberikan respon positif, antusias, aktif, dankreatifmengikutipembelajaran. Kata-kata kunci: model problem based learning,tekslaporanhasilobservasi,kreativitas.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:05
Last Modified: 14 Mar 2017 03:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27028

Actions (login required)

View Item View Item