PENGARUH KONSENTRASI SENYAWA PHOSPAT DAN PERBANDINGAN AIR PEREBUSAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEPUNG INSTAN HANJELI (Coix lacryma-jobi L)

Lungguh Triastuti M, alumni and Hervelly, DS and Sumartini, DS (2016) PENGARUH KONSENTRASI SENYAWA PHOSPAT DAN PERBANDINGAN AIR PEREBUSAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEPUNG INSTAN HANJELI (Coix lacryma-jobi L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Lungguh Triastuti (Artikel).docx

Download (613kB)
[img] Text
lungguh triastuti.docx

Download (1MB)
[img] Text
TA UTY1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

1 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik produk diversifikasi tepung instan yang dibuat dengan beras bahan baku hanjeli dan direndam dengan fosfat. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menentukan fosfat terbaik sebagai acuan dalam penelitian utama. Penelitian utama dilakukan untuk menentukan konsentrasi fosfat dan perbandingan air mendidih selama hanjeli manufaktur tepung instan. The konsentrasi fosfat yang digunakan besarbesaran 0,1%, 0,3% dan 0,5%, sedangkan perbandingan air mendidih yang digunakan adalah 1:10, 1:11 dan 1:12. Tanggapan penelitian utama termasuk respon kimia yang terdiri dari kadar air dan kadar pati dan respon sensorik untuk warna, rasa dan tekstur. Sampel dipilih dianalisis dengan kadar serat kasar, kandungan lemak dan protein. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa konsentrasi fosfat terpengaruh warna dan tekstur tepung instan hanjeli. Perbandingan air mendidih tidak mempengaruhi karakteristik tepung instan hanjeli, interaksi konsentrasi fosfat dan perbandingan air mendidih dipengaruhi ke waktu rehidrasi, kadar air dan pati tepung hanjeli. Dipilih fosfat dari penelitian pendahuluan adalah Natrium Tripoliphosphate (Na5P3O10) dan berdasarkan penelitian utama, hasil terbaik bisa dilihat dari respon kimia pati, kadar air dan rehidrasi waktu adalah pengobatan a2b1, itu adalah consentartion dari Na5P3O10 0 , 3% dan perbandingan air 1:10 mendidih. produk yang dipilih memiliki kadar serat kasar 4,00%, lemak contant 5,00% dan protein konten 10,00%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:30
Last Modified: 31 Jan 2017 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item