Penggunaan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Aktivitas Siswa dalam Mempelajari Materi Ruang Lingkup Biologi

HILDA CANDRA FEBRIAN, 125040142 (2017) Penggunaan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Aktivitas Siswa dalam Mempelajari Materi Ruang Lingkup Biologi. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa dalam mempelajari subkonsep materi ruang lingkup biologi. Penelitian dilakukan di SMAIT Putri Al-Hanif Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dengan rancangan penelitian kreativitas dan aktivitas. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil 24 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan metode discovery learning. Analisis data yang diperoleh menggunakan instrumen kreativitas dan aktivitas. Dampak penggunaan metode discovery learning terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan aktif. Hasil yang diperoleh kreativitas siswa pada kelompok 1 dengan rata-rata nilai berdasarkan domain kreativitas, yaitu novelty = 73,3%, resolution = 73,3%, elaboration/synthesis = 70%. Bila ditotal secara keseluruhan sebesar 72% dengan kriteria tinggi. Pada kelompok 2 diperoleh rata-rata nilai berdasarkan domain kreativitas indikator novelty = 46,7%, resolution = 53,3%, elaboration/synthesis = 70%. Bila ditotal secara keseluruhan sebesar 58% dengan kriteria sedang. Pada kelompok 3 diperoleh rata-rata nilai berdasarkan domain kreativitas indikator novelty = 66,7%, resolution = 66,7%, elaboration/synthesis = 70%. Bila ditotal secara keseluruhan sebesar 68% dengan kriteria tinggi. Pada kelompok 4 diperoleh rata-rata nilai berdasarkan domain kreativitas indikator novelty = 40%, resolution = 40%, elaboration/synthesis = 55%. Bila ditotal secara keseluruhan sebesar 46% dengan kriteria sedang. Selain itu, hasil yang diperoleh saat mengamati keaktivan siswa, rata-rata presentase aktivitas siswa sebesar 61,4% dengan kriteria banyak melakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa. Kata kunci: Metode Discovery Learning, Kreativitas, Aktivitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:27
Last Modified: 30 Jan 2017 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item