PITRA FIRMANSYAH, 125030056 (2017) PEMBELAJARAN MENGKLASIFIKASI STRUKTUR TEKS CERITA PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SKIPPING AYUNAN VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Bahasa adalah sarana untuk berkomunikasi antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Bahasa juga merupakan cerminan prilaku seseorang. Pembelajaran merupakan suatu proses perubahan tingkah laku individu dalam interaksi dirinya dengan lingkungannya. Berbicara menyampaikan gagasan dan perasaan dalam bentuk lisan. Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Penulis melakukan penelitian dengan judul“Pembelajaran Mengklasifikasi Struktur Teks Cerita Prosedur dengan Menggunakan Teknik Skipping Ayunan Visual Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang Tahun Pelajaran 2016/20176.” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual? (2) Mampukah siswa kelas VIII melaksanakan pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan tepat? (3) Efektifkah teknik skipping ayunan visual digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual. (2) Siswa mampu mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan tepat. (3) Teknik skipping ayunan visual efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur. Berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual di kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang. Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayunan visual guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun hasil penilaian perencanaan pembelajaran penulis yaitu 3,6 dengan kategori sangat baik (A). 2. Siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang mampu mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur dengan menggunakan teknik skipping ayuann visual. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu0,95, sedangkan nilai rata-rata postes 3,32. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 2,37. 3. Teknik skipping ayunan visual efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur pada siswa kelas VIII. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil yang menunjukkan > , yaitu 19,4 > 2,06 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 24. Dengan demikian, teknik skipping ayunan visual efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi struktur teks cerita prosedur di kelas VIII B SMPN 3 Pagaden Subang. Kata kunci: Struktur teks prosedur, teknik skipping ayunan visual, teks cerita prosedur
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 06:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15402 |
Actions (login required)
View Item |