Lisma Damayani. K, 125060314 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II Semester 1 SDN Ciheulang 01/02 Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak Inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA LISMA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciheulang 01/02 dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas II. Penelitian ini di dasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan yaitu kurangnya keberanian siswa untuk mengutarakan pendapat serta hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Discovery Learning pada subtema hidup rukun dengan teman bermain. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini mencapai hasil yang maksimal dibuktikan dengan pencapaian hasil nilai rata-rata siswa pada setiap siklusnya meningkat. Sikap percaya diri yaitu pada siklus I 64.2% kategori baik dan siklus II 87% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar Afektif siklus I yaitu 66.6% dan siklus II 91.6%. Penilaian Kognitif pada siklus I yaitu 37.5% dan siklus II 91.6%. Penilaian Psikomotor Pada siklus I yaitu 45.8% dan siklus II 83.3%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning adalah siswa kurang kondusif saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dapat mengkondisikan siswa dengan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas II SDN Ciheulang 01/02 pada subtema hidup rukun dengan teman bermain. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar siswa, hambatan dan upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 04:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15362 |
Actions (login required)
View Item |