SYAFRIANI HASMARITA, 125060090 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Tilil 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER ANI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Ingris.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tilil 3 Bandung yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas pada subtema macam-macam peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan model Discovery Learning. Keadaan siswa yang kurang memiliki sikap percaya diri dan pada hasil belajar yang mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotor masih banyak yang di bawah KKM karena guru yang seRing menggunakan satu metode cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan pembelajaran pada setiap siklusnya digunakan teknik evaluasi yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase sikap percaya diri siswa pada siklus I 64,8% dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 63,9% meningkat menjadi 85,5%. Adapun hambatan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning adalah pada saat pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang mengobrol, alokasi waktu yang sudah ditargetkan melebihi batas waktu, tidak semua siswa bisa dapat mengikuti pelajaran dengan cara ini. Upaya yang dapat dilakukan mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan sanksi bagi siswa yang tidak mengikuti aturan selama proses pembelajaran berlangsung, mengefisienkan waktu dengan menetapkan tujuan selama proses pembelajaran berlangsung, membagi siswa menjadi beberapa kelompok sehingga siswa yang pandai dapat membantu siswa yang kurang pandai. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 03:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 03:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15354 |
Actions (login required)
View Item |