Mutia Silfa Novriani, 125060074 (2017) PENERAPAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN LANGKA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Tegallega Tahun ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Indo.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Sunda.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tegallega pada subtema Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka dengan menggunakan model Examples Non Examples. Penelitian ini didasari dari kurangnya keaktivan siswa di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Examples Non Examples berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan persentase aktivitas belajar pada siklus I 67,3% dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 56,03% meningkat menjadi 89,5% pada siklus II. Adapun hambatan dalam menerapkan model Examples Non Examples adalah tidak semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar, dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru harus mampu memaksimalkan penggunaan gambar dalam pembelajaran serta dapat mengefektifkan dan mengefesienkan penggunaan waktu dengan baik. Dengan demikian, penggunaan model Examples Non Examples dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran lainnya. Penggunaan model Examples Non Examples terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci: Examples Non Examples, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 03:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 03:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15343 |
Actions (login required)
View Item |