Yuyun, 125060206 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lengkong Besar 105/85 Tahun Pelajaran 2016 / 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lengkong Besar 105/85 Tahun Pelajaran 2016/2017. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri Lengkong Besar 105/85? (2) Bagaimanakah proses pelaksanaan belajar mengajar dengan model STAD(Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri Lengkong Besar 105/85? (3) Efektifkah penerapan model STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri Lengkong Besar 105/85?. Hasil analisis di atas dapat dijabarkan sebagai berikut, (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model STAD (Student Team Achievement Division) pada siklus I diperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase keseluruhan sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Jadi rencana pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 3%. (2) Proses pelaksanaan belajar mengajar dengan model STAD (Student Team Achievement Division) pada siklus I diperoleh persentase sebesar 86%, pada siklus II meningkat menjadi 94,3%. (3) Keefektifan penerapan model STAD (Student Team Achievement Division) untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai sebesar 65,21% (15 siswa), dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 90,8% (20 siswa), sehingga keberhasilan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,59%. Berdasarkan paparan di atas dapat ditarik Kesimpulan bahwa hasil belajar siswa untuk pembelajaran 4 dan 5 pada siswa kelas IV di SD Negeri Lengkong Besar 105/85 mengalami peningkatan dari pretes hingga siklus II dengan nilai rata-rata siswa pada saat pretes (47,17) dengan persentase ketuntasan belajar (4,34%). Postes siklus I (71,74), dengan persentase ketuntasan belajar (60,87%). Postes siklus II (74,77), dengan persentase ketuntasan belajar (72,7%). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam subtema keberagaman budaya bangsaku pada pembelajaran 4 dan pembelajaran 5 pada siswa kelas IV di SD Negeri Lengkong Besar 105/85 Kota Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Jan 2017 01:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 01:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15319 |
Actions (login required)
View Item |