MAYA MILLAWATI BAZAS SUTISNA, 125040134 (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA SUB KONSEP PROTOZOA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (34kB) |
|
Text
abstrak INDONESIA .pdf Download (86kB) |
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (500kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFUS SKRIPSI B.pdf Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang memiliki masalah diantaranya pelaksanaan praktikum tergantung pada materi, ketersediaan waktu, ketersediaan alat dan bahan dan pembiasaan siswa dalam memanfaatkan alat dalam laboratorium untuk membantu memecahkan masalah dinilai kurang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa jenjang SMA kelas X di SMAN 5 Garut dengan jumlah siswa kelas X-5 sebanyak 30 siswa. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Posstest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dan lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode pembelajaran berbasis praktikum dalam materi protozoa dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil tes siswa dengan rata-rata nilai setelah pembelajran sebesar 78,07. Kemudian Secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa setelah mendapatkan pembelajaran berbasis praktikum memenuhi sepuluh indikator terpilih yaitu menggunakan pipet 78%, cara meneteskan sampel bahan ke objek glass dan menutup dengan cover glass 69%, cara menggunakan mikroskop 55%, melakukan percobaan sesuai prosedur 72%, mengamati pergerakan protozoa 70%, mengamati ciri-ciri morfologi protozoa 78%, mencari perbedaan bentuk protozoa yang diamati berdasarkan alat geraknya 73%, mencari perbedaan pergerakan protozoa yang diamati berdasarkan alat geraknya 75%, mengelompokan berbagai jenis protozoa yang diamati ke dalam klas yang sesuai dengan alat geraknya 73% dan menyajikan hasil pengamatan di depan kelas 76%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terpenuhinya lima aspek keterampilan proses sains yang dikembangkan penelitian ini serta metode pembelajaran berbasis praktikum dapat menberikan pengaruh positif bagi keterampilan proses sains. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Berbasis Praktikum.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 07:31 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15284 |
Actions (login required)
View Item |