Ipah Rosipah, 112020025 (2017) MODEL ADVOKASI SOSIALDALAM PEMENUHAN HAK IDENTITAS ANAK(STUDI AKSESIBILITAS PENDIDIKAN ANAK YANG TINGGAL DI LKSA AL-QOMARIYAH). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
cover.docx Download (23kB) |
|
Text
4. BAB 1.docx Download (106kB) |
|
Text
5. BAB II.docx Download (96kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.docx Download (29kB) |
|
Text
1. Cover, Lembar pengesahan, Pernyataan.docx Download (50kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (31kB) |
Abstract
Setiapanakberhakdiberikebebasannyauntukdapatmenempuhpendidikan formal tanpahambatanapapundantelahdijaminolehundang-undangbesertapemerintah. Namun, halinimasihbelum optimal dirasakanolehanak-anak yang tinggal di lembagakesejahteraansosialanak (LKSA)untukmendapatkanhaknyasecarapenuh. Hambatanmengenaipendidikaninitelahmemunculkanupayaadvokasi yang dilakukanolehpenelitibersamapengurus LKSA Al-Qomariyah agarmendorongterciptanyaperubahansosialdalamhalkebijakanyakniperaturanwalikota yang pengaruhnyabersifatlokal. Hasilpenelitianinimenjawabtigapertanyaanpenelitian, meliputi (1) hakidentitasanak (2) proses advokasisosialdan(3) model advokasisosialdalampemenuhanhakidentitasanak. Metodologi yang digunakanadalahpenelitianiniadalahkualitatifaction research. Model penelitianinimembuatpenelitibersamapengurus LKSA bersama-samabergerakaktifuntukmelakukanadvokasidenganelemenpemerintahdanpihak yang berwenangdalamperubahanregulasisertaimplementasi di lapangan. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwahakidentitasterbagidalam lima kategori, yaitu(1) Hakanakuntukmendapatkanaksesibilitaspendidikan, (2) Hakanakuntukmendapatkan SKTM, (3) Hakanak LKSA untukmendapatkanpendidikan gratis, (4)Hakanakuntukmendapatkan KIP, (5) Dampakketikahakidentitastidakterpenuhi. Sedangkanhasilpenelitian yang berkaitandengan prosesadvokasisosialterbagimenjadidelapankategori, yaitu(1) Analisisismakro, (2) Penentuantujuanadvokasi, (3) Definisimasalahdanmembingkaiisu (4) Identifikasidananalisisstakeholder, (5) Pelaksanaanstrategidantaktik (6) Membuatperjanjian (7) kendaladalamadvokasi (8) Evaluasiadvokasi. Sementaraitu, hasilpenelitianmenunjukanbahwa model advokasisosialterbagimenjadi lima kategori, yaitu(1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4)Evaluasidan(5) refleksi. Kata kunci :Hakidentitasanak, hakpendidikananak LKSA, advokasisosial
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:14 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 04:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14594 |
Actions (login required)
View Item |