ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. APROTECH DALAM UPAYA MENCAPAI TUJUAN PEMASARAN PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI TELEKOMUNIKASI

Yulia Rizka, NPM. 148020091 (2016) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. APROTECH DALAM UPAYA MENCAPAI TUJUAN PEMASARAN PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI TELEKOMUNIKASI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
1.COVER.docx

Download (28kB)
[img] Text
Naskah Artikel Jurnal.docx

Download (61kB)

Abstract

Pertumbuhan industri jasa konstruksi telekomunikasi yang cukup pesat telah menyebabkan banyaknya perusahaan konstruksi telekomunikasi di Indonesia. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang sesuai. Dalam memformulasikan strategi pemasaranya, perusahaan perlu membuat suatu perencanaan pemasaran yang baik. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu manajemen khususnya manajemen pemasaran. Bagi industri sejenis maupun praktisi, diharapkan hasil penelitian dapat memberikan informasi yang berguna mengenai pentingnya peran strategi pemasaran dalam upaya mencapai tujuan pemasaran perusahaan jasa konstruksi telekomunikasi. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan jasa konstruksi telekomunikasi yaitu PT Aprotech. Metode penelitiannya menggunakan matriks SWOT, matriks Internal-Eksternal, dan matriks General Electric dengan pendekatan penelitian kualitatif. Tipe penelitiannya berupa Descriptive Research dan Verificative Explanation Research dengan pendekatan penelitian studi kasus. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa strategi pemasaran perusahaan dirancang melalui penciptaan nilai (value) pada elemen bauran pemasaran. Nilai yang diciptakan tersebut cenderung diarahkan untuk meraih keunggulan biaya (cost leadership) dibandingkan untuk menciptakan perbedaan unik pada penawaran perusahaan (product differentiation). Pemasaran yang berlandaskan pada hubungan yang baik (relationship marketing) menjadi dasar strategi promosi dan komunikasi perusahaan, dimana perhatian ditujukan untuk memperluas jaringan relasi dengan tujuan adanya efek promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) dibandingkan penggunaan media promosi lainnya. Selain itu berdasarkan matriks SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi pemasaran dan berdasarkan matriks Internal-Eksternal (IE) dan matriks GE, strategi pemasaran PT Aprotech berada pada posisi integrasi horizontal / stability profit strategy pada zona pertumbuhan (growth). Kata kunci : Analisis SWOT; General Electric; Internal-eksternal; Jasa konstruksi; Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 19 Nov 2016 07:00
Last Modified: 19 Nov 2016 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item