Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dengan Tanya Jawab dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Kenampakan Permukaan Bumi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilaku Sumedang)

TITIN AGUSTINA, . 075060036 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dengan Tanya Jawab dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Kenampakan Permukaan Bumi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilaku Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (66kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
ABSTRAK tin.doc

Download (30kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR tin.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR IS1 tin.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Interaktif dengan Tanya Jawab dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Kenampakan Permukaan Bumi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilaku Sumedang).” Pembelajaran selama ini kurang meningkatkan minat, keaktifan dan pengalaman belajar sehingga siswa dalam pembelajaran kurang bersemangat. Oleh karena itu guru harus mampu menggunakan metode atau model dalam pembelajaran yang sesuai sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Model yang dimaksud adalah model pembelajaran pendekatan interaktif dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru/peneliti. Sedangkan instumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar pengukur ketepatan RPP, lembar alat penilaian kinerja guru/peneliti, lembar catatan lapangan, lembar wawancara peneliti dengan siswa, lembar wawancara peneliti dengan observer, dan lembar penilaian prestasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil prestasi rata-rata siswa pada siklus I hanya mencapai 55 dengan ketuntasan siswa baru mencapai 37.03%. Namun setelah dilaksanakan penelitian kembali pada siklus II prestasi rata-rata siswa meningkat menjadi 80.1 dengan ketuntasan siswa mencapai 100%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif dengan tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan siswa aktif mengajukan dan menjawab pertanyaan. Kata Kunci: Pembelajaran interaktif, Tanya Jawab, aktivitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:10
Last Modified: 18 Nov 2016 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14053

Actions (login required)

View Item View Item