PENGGUNAAN MEDIA BERITA TV UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK ICB CINTA WISATA (Studi Eksperimen di SMK ICB Cinta Wisata Bandung)

DESTI KUSMAYANTI, NPM. 148090031 (2016) PENGGUNAAN MEDIA BERITA TV UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK ICB CINTA WISATA (Studi Eksperimen di SMK ICB Cinta Wisata Bandung). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
artikel jurnal desti kusmayanti.docx

Download (70kB)
[img] Text
COVER TESIS.docx

Download (79kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I TESIS.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II TESIS.docx

Download (174kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengjar. Media berita TV mampu memberikan informasi secara audio visual kepada siswa sehingga dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar konsentrasi. Hasl tersut dapat digunakan untuk mengingkatkan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran menulis khususnya memproduksi teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaa penggunaan media berita TV pada materi menulis teks eksplanasi dan mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di k elas XI PN 1 SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan realiabel setelah dilakukan analisis oleh Expert Judgment. Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata pretes sebesar 43,2 dan rata-rata postes sebesar 81,3. Peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa setelah digunakannya media berita TV sesuai dengan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probalitas atau Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Besarnya peningkatan keterampilan berfikir kritis ditunjukan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretest dengan postest. Dengan demikian media berita TV dapat dijadikan alternatif media pemebelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada pemebelajaran menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Nov 2016 06:25
Last Modified: 31 Jan 2017 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item