ELIS KOMALA, 085060042 (2016) UPAYA GURU MENINGKATKAN TANGGAPAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI TOKOH SEJARAH MASA KERAJAAN HINDU-BUDDHA DAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DI KELAS V SD MALEBER BARAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
LEMBAR PENGESAHAN ELIS SDG.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN elis sidang.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
moto elis sidang.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH elis sidang.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK ELIS BARU.docx Download (16kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR sidang.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
bab 1 pa dais asli jadi bnr.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II revisi eel jadi MLM.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB III el baru MLM bnr.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
BAB IV ELIS KOMALA.docx Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
BAB V el baru.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SDG.docx Download (15kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar kelas V SD Maleber Barat Kecamatan Andir Kota Bandung masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar peserta didik tidak terlepas dari kurangnya keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan seringnya menggunakan metode ceramah, hal ini menjadikan prestasi hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Model pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan masalah karena model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang lebih mengutamakan adanya kerja sama antar pesera didik. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research ) yang berlangsung dalam II siklus. Subjek tindakan adalah siswa kelas V SD Maleber Barat berjumlah 39 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, LKS, dan lembar aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning teknik Jigsaw dapat menunjukkan peningkatan dari siklus I dan II terlihat dari hasil belajar siswa pada materi tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia. Pada siklus I dari hasil tes siswa memperoleh skor dengan rata-rata nilai 75,64 . Pada siklus II memperoleh skor dengan rata-rata nilai 84,36. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Jigsaw dapat meningkatkan tanggapan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 07:40 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 07:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14027 |
Actions (login required)
View Item |