PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG NILAI-NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran PKn di Kelas VI SDN Parakanmuncang II Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang)

ASTRI NURDIANI, 085060054 (2016) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG NILAI-NILAI JUANG DALAM PROSES PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran PKn di Kelas VI SDN Parakanmuncang II Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAAS.

[img] Text
cover.docx

Download (302kB)
[img] Text
PERLENGKAPAN SKRIPSI.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Parakanmuncang II dengan subjek penelitian kelas VI. keberhasilan pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar negara. Tetapi, dalam proses pembelajaran ditemukan penggunaan metode pembelajaran yang tidak berfaratif seperti: ceramah, pemberian tugas, menghafal dan mencatat saja. Sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran. Kebosanan tersebut mengakibatkan kurangnya perhatian siswa terhadap proses pembelajaran yang disampaiakan sehingga siswa tidak paham terhadap konsep yang di pelajari. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar siswa secara umum yaitu siswa yang mencapai KKM (70) hanya 43 % atau 15 siswa dari 35 siswa dan yang belum mencapai KKM (70) adalah 57 % atau 20 siswa dari 35 siswa. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode bermain peran, bermain peran dalam arti sederhana memaikan tokoh atau peran dalam suatu peristiwa. Dengan menggunakan metode bermain peran tentang nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara, dimaksudakan pemahaman konsep siswa meningkat, selain itu siswa tidak mengira-ngira lagi pembelajaran yang diterimanya, karena siswa mengalami sendiri kejadian sejarah yang diterimanya. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan persentase hasil penilaian pemahaman konsep dengan menggunakan metode bermain peran mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 72 %, suklus II sebesar 84 %, siklus III 92 %. Dengan demikian, penggunaan metode bermaian peran dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang nilai-nilai juang dalam proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara. Karena hal tersebut telah mencapai target indikator keberhasilan 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Nov 2016 19:07
Last Modified: 03 Nov 2016 19:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item