Euis Ina Marlina, 095060158 (2016) “PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD MATERI POKOK PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA” (Penelitian Tindakan Kelas di SD Mangkurayat 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (128kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESEHAN Skripsiku.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan EUIS.docx Download (14kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH DAN KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR ISI BAB IV DAN V JADI.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI BARU Revisi 2.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI jadi revisi.docx Download (60kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI jadi revisi 2.docx Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI jadi revisi.docx Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
Bab V jadi euis.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
Daftar PUSTAKA 2.docx Download (16kB) |
Abstract
Pembelajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya. IPS berkenaan dengan cara manusia memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan untuk memenuhi materi, budaya, dan kejiwaannya, memanfaatkan sumber daya yang ada dipermukaan bumi, kesejahteraan dan pemerintahannya maupun kebutuhan lainnya dalam rangka mempertahankan kehidupan masyarakat manusia. Singkatnya, IPS mempelajari, menelaah, dan mengkaji sistem kehidupan manusia dipermukaan bumi ini dalam kontek sosialnya atau manusia sebagai anggota masyarakat. Penilitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman konsep pembelajaran yang dimiliki siswa baik berupa hasil belajar, respon siswa dan aktivitas pada pembelajaranIPS. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai rata-rata pembelajaran yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan kurangnya pemahaman konsep dan penguasaan materi yang miliki siswa dan guru serta keterbatasan sumber belajar dan penggunaan metode yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka di implementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui metode inkuiri.Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dilaksanakan di kelas V SDN Mangkurayat I Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dengan jumlah siswa 30 orang.Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, angket dan penilaian dokumen RPP. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pemahaman konsep yang dimiliki siswa yang bisa dilihat dari hasil belajar, aktivitas siswa dan aktivitas guru. Siklus I rata-rata persentase 68%. mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata peresntase sebesar 95%. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus I rata- rata 54% dan siklus II nilai rata-rata 86%. Hasil aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dan memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS.Diharapkan guru dapat mencoba mangkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Oct 2016 15:33 |
Last Modified: | 29 Oct 2016 15:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13955 |
Actions (login required)
View Item |