EVA FUSMAWATI, 085060052 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG MATERI TUMBUHAN HIJAU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Ciuyah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (119kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
MOTTO SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR 1.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (2MB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 1.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2.docx Download (14kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran IPA Tentang Materi Tumbuhan Hijau Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, bertujuan untuk memperbaiki dan dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 3 Ciuyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang tumbuhan hijau dengan menggunakan penerapan pendekatan kontekstual. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang berarti baik hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 3 Ciuyah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I tindakan I sebesar 61, dan pada siklus I tindakan 2 sebesar 68,6 ini berarti adanya peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 7,6%. Sedangkan pada siklus II tindakan I sebesar 75,3, dan pada siklus II tindakan 2 sebesar 90 ini berarti adanya peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 14,7%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi siswa pada siklus I dengan indikator sebagai berikut, yaitu: (1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil mencapai 63,3%, (2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar mencapai 58,3%, (3) Adanya penghargaan dalam belajar mencapai 58,3%, (4) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar mencapai 51,6%, (5) Adanya lingkungan belajar yang kondusif mencapai 57,5%. Sedangkan pada siklus II dengan indikator sebagai berikut, yaitu: (1) Adanya hasrat dan keinginan berhasil mencapai 93,3%, (2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar mencapai 9 8,3%, (3) Adanya penghargaan dalam belajar mencapai 95%, (4) Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar mencapai 97,5%, (5) Adanya lingkungan belajar yang kondusif mencapai 99,1%. presentase indikator motivasi siswa pada siklus I dan siklus II, mengalami peningkatan. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan pendekatan kontekstual mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara optimal. Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Kontekstual, Penelitian Tindakan Kelas, Pelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa, dan Motivasi Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 14:34 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 14:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13926 |
Actions (login required)
View Item |